Jumat, 07 September 2012

Time Base, Volume Base, Unlimited. Apa ya? ._.


Pemakaian akses koneksi internet sebenarnya nggak jauh beda dengan pemakaian ponsel atau beken dengan nama HP. Ada yang sifatnya Pra Bayar dan ada juga Pasca Bayar. Eh, kalian tau nggak sih artinya Pra Bayar dan Pasca Bayar? Kalau Pra Bayar itu kita bayar dulu baru pakai, kalau Pasca bayar, kita pakai dulu bayarnya belakangan.

Buat yang Pra Bayar, ada dua cara penghitungan tarif, yaitu : Volume Based dan Time Based.

Secara umum pada saat awal aktivasi, biasanya tarif yang dikenakan adalah Volume Based. Pada beberapa operator, jenis ini berlaku saat melakukan koneksi internet dengan menggunakan ponsel.
Sebaliknya saat melakukan koneksi internet dengan menggunakan PC atau Personal Computer (ponsel bisa dijadikan modem), tarif Time Based baru diberlakukan.

Buat yang Pasca Bayar, ada dua paket yang biasanya ditawarin oleh para operator, yaitu Limited dan Unlimited.
Paket Limited : biasanya menggunakan batasan, bisa dengan volume maksimum atau waktu maksimum yang diperbolehkan untuk sejumlah biaya yang telah ditentukan.


Sedangkan Unlimited : yaitu akses tak terbatas untuk sejumlah biaya yang telah ditentukan sebelumnya.



Volume Based adalah :
Cara penghitungan tarif koneksi berdasarkan jumlah volume pemakaian data selama koneksi internet berlangsung. Hitungannya biasanya dikenakan per kilobytes (Kb) penggunaan.



Time Based adalah :
Cara penghitungan tarif koneksi berdasarkan lamanya waktu pemakaian selama koneksi internet berlangsung. Hitungannya biasanya dikenakan per menit penggunaan.

Biasanya untuk akses internet dengan menggunakan ponsel, jumlah volume dan waktu yang digunakan bisa dilihat pada “LOG” item Durasi dan Jumlah Pemakaian Data Internet. Sedangkan untuk akses internet dengan menggunakan modem dapat dilihat pada statistik yang disertakan pada aplikasi bawaan modem tersebut.

Para operator mengenakan tarif yang berbeda-beda antar satu dengan lainnya. Beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih menggunakan Volume Based, Time Based, Paket Limited atau Unlimited adalah sebagai berikut.

Apabila aktifitas hanya sebatas browsing, email berkirim kabar, chatting via text, nge-blog dengan tulisan dan gambar low resolution, sesekali melakukan updating database antivirus, disarankan untuk memilih paket Volume Based.
Karena untuk perhitungan Volume Based, seperti yang dikatakan dalam tulisan sebelumnya, cara penghitungan paket Volume Based adalah berdasarkan jumlah volume data yang dihabiskan. Aktifitas yang kelak dilakukan merupakan aktifitas akses internet golongan pemula (ringan), aktifitas tersebut tidak akan membutuhkan volume data yang besar setiap jam penggunaannya.
Jika dihitung untuk satu-dua jam pemakaian setiap harinya kita bisa menghabiskan 2 MB sampai 5 MB dengan penggunaan ringan seperti yang disebutkan diatas. Itupun tidak sepenuhnya digunakan, dan sempat ditinggal pergi untuk melakukan aktifitas lainnya.
 Jadi bisa dikatakan dengan penggunaan akses internet kategori ringan, tarif volume based akan jauh lebih leluasa, ketimbang Time Based.

Sedangkan apabila aktifitas yang kelak dilakukan berkaitan dengan video streaming meliputi download video, menonton video, akses peta (map) Google Earth, Chatting dengan WebCam, hingga berkirim email dengan file sisipan yang besar plus melakukan download aplikasi dan hal-hal tak terduga lainnya disarankan untuk memilih paket Time Based.

Contohnya untuk mendownload satu album MP3 yang berukuran 50 MB diperlukan waktu download kurang dari satu jam. Apabila menggunakan tarif koneksi Volume Base, untuk aktifitas tersebut dengan menggunakan kartu telepon tertentu bisa dikenakan biaya sekitar Rp. 50.000,00 karena tarif data yang dikenakan adalah sebesar Rp. 1,00 per kilobytesnya (Kb).  Bandingkan apabila menggunakan tarif koneksi Time Based, hanya dikenakan biaya kurang dari Rp. 4.500,00.

Apabila aktifitas internet sudah merupakan satu kebutuhan dasar untuk setiap bulannya namun masih memperhitungkan masalah biaya.Maka disarankan agar menggunakan sistem Pasca Bayar, yaitu Limited dan Unlimited.
Biasanya tarif yang dikenakan akan berbeda apabila terdapat kelebihan penggunaan dari batas paket yang ditentukan (Limited) atau terjadi penurunan kecepatan koneksi pada saat penggunaan sudah mencapai batas volume tertentu (Unlimited).

Terkait dengan permasalahan jumlah biaya yang akan dibayarkan menjadi pertimbangan paling utama, maka disarankan untuk membuat statistik yang tercatat dalam satu bulan. Yaitu pada akhir/awal bulan lakukan reset statistik ke titik 0, untuk melihat perkembangannya dalam satu bulan kedepan.

Apabila penggunaan tidak lebih dari Paket Limited yang ditawarkan baik dalam ukuran waktu maupun volume data, mengapa harus memilih Paket Unlimited yang jauh lebih mahal dan dapat dipastikan tidak akan tergunakan sebagaimana mestinya ?

Sebaliknya apabila dalam rentang  dua sampai tiga bulan jumlah pemakaian melebihi dari batas Paket Limited yang diberikan, silahkan berhitung kembali terkait jumlah kelebihannya untuk setiap bulan pemakaian. Apakah akan melebihi tarif koneksi Paket Unlimited atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar